Senin, 07 Maret 2011

UGM Menelurkan 2 Mobil Hemat Energi

Lifestyle + / Kamis, 3 Maret 2011 13:40 WIB

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Tim Semart Universitas Gadjah Mada Yogyakarta akan meluncurkan dua mobil hemat energi. Tim hendak mengikuti kompetisi Shell Eco Marathon 2011 di Sirkuit Sepang Malaysia, 6-9 Juli 2011.

"Kedua mobil hemat energi itu adalah Semar Prototype dan Semar Urban," kata pembimbing Tim Semart UGM Jayan Sentanuhady di Yogya, Kamis (3/3).

Menurut dia, Tim Semart UGM menargetkan mencapai efisiensi bahan bakar dengan jarak tempuh semaksimal mungkin. Mesin didesain berefisiensi panas dan volume semaksimalnya pada titik keseimbangan tertentu.

"Mesin itu berspesifikasi long stroke dengan karakteristik high torque pada putaran mesin yang rendah agar bisa menekan konsumsi bahan bakar," kata dosen Jurusan Teknik Mesin dan Industri Fakultas Teknik UGM.

Ia mengatakan Semar Prototype kendaraan bermotor hemat energi yang mampu menempuh jarak 280 kilometer dengan satu liter bensin. Mobil semar memiliki panjang total 2,8 meter, tinggi 0,65 meter, lebar satu meter, dan wheel base 1,6 meter.

"Bodi kendaraan terbuat dari bahan fiberglass dengan tebal sekitar dua milimeter. Untuk penggerak mula menggunakan mesin empat tak bersilinder tunggal berkapasitas 25 cc, dan bisa melaju dengan kecepatan maksimal 45 km/jam," jelas dia.

Lebih lanjut untuk Semar Urban saat ini dalam penyelesaian. Mobil itu kendaraan yang didesain dengan konsep city car hemat energi dan rendah emisi gas buang.

Mesin berkapasitas 125 cc empat langkah dengan bahan bakar bensin oktan-95 dan dilengkapi dengan double spark plug yang dinyalakan sekuential, dikendalikan dengan Electronic Control Unit. Semar Urban memiliki panjang total 2,3 meter, tinggi 1,3 meter, dan lebar 1,3 meter.

Menghadapi kompetisi itu pihaknya telah melakukan beberapa perubahan pada Semar Prototype. Kapasitas mesin yang semula 25 cc diubah menjadi 115 cc dengan pertimbangan agar bisa lebih kuat saat melalui jalan yang menanjak tinggi dan panjang.

Selanjutnya, desain dibuat moduler, bagian arm belakang, bagian tempat duduk, dan bagian steering dibuat terpisah. Kemudian pemasangan ban yang semula berada di dalam bodi, diubah di luar bodi untuk memaksimalkan sudut putar setir hingga 45 derajat.

"Dengan sejumlah perubahan itu diharapkan Semar mampu berlaga secara maksimal dan dapat mempersembahkan prestasi membanggakan bagi UGM," ujar dia. (Ant/*****)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar